Pengertian File System

File System




Saat kita ingin mem-partisi harddisk, pastinya kita disuruh memilih jenis dari File System untuk partisi tersebut.


File System adalah struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada harddisk.


Masih belum ngerti?
Gini, ibarat File System ini adalah jenis ruangan pada rumah. Misal kamar mandi, gudang, dan lain-lain. Nah, tiap-tiap ruangan itu kan berbeda jenis dan fungsinya. Tiap ruangan tersebut memiliki strukturnya masing-masing. Sama halnya juga dengan File System yang memiliki algoritma atau logika tesendiri untuk menyimpan berbagai data-data pada sebuah partisi.


Dalam File System, terdapat berbagai jenis-jenisnya dan penggunaan algoritma yang berbeda. Semakin baru jenis dari sebuah File System, maka semakin bagus pula kualitas dari File System tersebut.
Misalnya FAT (File Allocation Table). Jenis partisi terdahulu pada Windows yang kemudian diperbaharui dengan adanya FAT-16, FAT -32, dan yang terakhir adalah jenis NTFS (New Technology File System).

Pada Linux, terdapat jenis File System EXT 2 (Extended 2), Swap (Virtual Memory), dan lain-lain. File System terbaru pada Linux adalah EXT 4 yang tentunya lebih baik dari versi-versi EXT yang lainnya.


Menurut saya, File System pada Linux itu lebih powerfull ketimbang File System pada Windows. Karena struktur logika yang digunakan pada Windows seperti FAT dan NTFS memiliki kekurangan seperti mudah diserang oleh para Cracker, mudah terinfeksi virus, harus di defrag beberapa waktu, dan lain-lain.


Pada Linux juga memiliki kekurangan. Tapi kekurangan tersebut tidak berarti. Seperti pengaturan partisi dan pengelolaannya yang kurang user-friendly bagi anda yang tidak terbiasa. Kelebihan File System di Linux sepertinya melebihi File System di Windows. Seperti keamanan yang lebih bagus dan susah untuk terinfeksi virus.




Yeah, kita tahu tidak ada yang sempurna di dunia ini. Maka dari itu manusia mulai berusaha untuk menciptakan sesuatu yang lebih sempurna. Karena usaha menuju kesempurnaan adalah hal yang benar-benar sempurna (Ciieehhhhhh gak nyambung^^).


Okey, sekian dari saya dan mohon di comment yah... :)

2 komentar:

KikiResky mengatakan...

haha:D makasihyah udah bantu cari tugas aku :)

Dinkz23 mengatakan...

sama-sama neng!
;)