Pengertian Crash

Pengertian Crash. Widih, kayak tabrakan aja. Hehehehehehe..... Pengertian Crash disini adalah dalam dunia komputer. Bukan pada kecelakaan. Hehehehehe.... Sering orang-orang yang apabila menggunakan suatu software yang berbahaya atau tidak compatible (cocok) mengalami Crash pada komputernya. Sebenernya, apa sih Pengertian Crash itu? Wokeh, tanpa basa-basi lagi, silahkan membaca artikel saya mengenai Pengertian Crash versi saya (again... ==a) :D




Crash, merupakan kegagalan komputer saat memproses sesuatu atau kegagalan dalam penggunaan komputer yang mengakibatkan komputer menjadi hang/macet/tidak berfungsi secara normal.



Jadi gini, Crash seperti hal-hal yang mengakibatkan komputer itu gagal berfungsi. Seperti hang atau macet ketika memproses sesuatu program atau software. Crash bisa juga diakibatkan oleh hardware yang bentrok dengan sistem komputer.


Crash bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu :


  • Bentrok antara Software dengan Software
  • Bentrok antara Hardware dengan Hardware
  • Bentrok antara Software dengan Hardware


Saya akan menjelaskan maksud dari point-point tersebut.


  • Bentrok Antara Software dengan Software

Jadi begini, suatu software bisa mengakibatkan Crash apabila software tersebut bentrok dengan software lain. Contohnya adalah satu anti-virus(A) dengan anti-virus(B) lain. Jadi begini, kan anti-virus itu tugasnya untuk membasmi virus. Apabila suatu komputer terdapat virus, kemudian kedua anti-virus mendeteksinya, maka kedua anti-virus tersebut akan menghapus virus tersebut. Lalu, jika satu anti-virus(A) sudah menghapus virusnya, maka anti-virus(B) akan kebingungan karena virus yang terdeteksi ternyata sudah dihapus. Karena anti-virus(B) tidak menemukan virus tersebut, dia akan terus mencari-cari virus tersebut hingga sistem operasi menjadi kewalahan sehingga mengakibatkan Crash.


  • Bentrok Antara Software dengan Hardware

Suatu software dengan hardware bisa saja mengakibatkan Crash karena ketidak cocokan diantara mereka. Contohnya adalah suatu driver dengan VGA Card (kartu grafis). Tentunya sebuah VGA Card memerlukan sebuah driver agar VGA Card dapat berfungsi dengan baik. Apabila driver yang di-instal itu tidak cocok dengan VGA Card atau salah instal, maka VGA Card akan gagal bekerja yang kemudian bisa berakibat Error pada BIOS. Lalu, komputer akan mengalami Crash.


  • Bentrok Antara Hardware dengan Hardware
Apabila suatu hardware dengan hardware lain tidak cocok, hal ini bisa mengakibatkan Crash pada sistem komputer. Contohnya adalah suatu prosesor dengan motherboard. Apabila suatu motherboard hanya boleh dipasang prosesor khusus server kemudian dipasangkan dengan prosesor khusus desktop, bisa mengalami Crash pada komputer karena ketidak cocokan diantara keduanya.



Kesimpulannya, Pengertian Crash itu adalah kegagalan komputer untuk bekerja yang diakibatkan oleh beberapa faktor.



Okeh, sekian artikel saya kali ini. Apabila terdapat kesalahan apapun itu, mohon maaf dan mohon diralat. Gak ada manusia sempurna di dunia ini. Heheheheheehehe....
Wassalam............ :D

2 komentar:

Mocca Mine mengatakan...

Thanks, membantu banget :)

Dinkz23 mengatakan...

Iyaa sama-sama!
:D