Pengertian Shell

Pengertian Shell? Emang, Pengertian Shell apaan yah? Merek oli? Hahahahahahahaa...... Pengertian Shell disini adalah Pengertian Shell dalam dunia sistem operasi komputer (red: Linux atau Unix). Mungkin bagi kakak-kakak sekalian yang sudah mendalami dunia sistem operasi berbasis Text atau CLI pasti sudah tahu Pengertian Shell. Nah, bagi kakak-kakak yang belum tahu Pengertian Shell, akan saya bahas pada artikel saya kali ini. Okeh, tanpa basa-basi lagi silahkan membaca artikel saya mengenai Pengertian Shell :D



Shell, adalah program (penterjemah perintah)yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini Kernel (inti dari sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user dapat mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi file program (eksternal command), selain itu memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program (Lihat Pengertian Program). (sumber : http://pemula.linux.or.id/programming/bash-shell.html).






Hehehehe, maaf ya Pengertian Shell-nya dari http://pemula.linux.or.id. Biar bahasanya lebih efektif dan teoritis. Hehehehehee.... Jadi begini loh...
Pada sebuah sistem operasi, pastinya kita ingin melakukan sesuatu seperti ingin membuat sebuah dokumen mendengarkan lagu lewat pemutar musik, membuat sebuah aplikasi menggunakan compiler, dan lain-lain. Itu semua anda awali pada sebuah perintah di Shell. Umumnya Shell ini diketik pada sebuah prompt (Lihat gambar).




Nah, contoh gambar diatas merupakan sebuah prompt pada Linux Mandriva saya. Hehehehe....
Duh, hampir lupa. Jadi proses awalnya begini :



User-->Shell-->Sistem Operasi (Kernel)--> Output yang dihasilkan dari Kernel.


Contohnya begini, pada sistem operasi Windows XP, pasti ada prompt command-nya (cmd). Nah, cmd itu merupakan contoh Shell pada Windows. Anda bisa mengetikkan perintah-perintah yang anda inginkan disana.
Contoh lain adalah file yang bisa dieksekusi seperti file berformat .EXE. Nah, pada aplikasi di Windows, kan ada tuh file .exe yang bisa anda jalankan. Itu proses untuk menjalankannya dari Shell dulu kemudian Kernel akan memproses perintah yang anda jalankan tadi.


Logikanya gini loh. Misalnya anda ingin mengirim surat. Untuk mengirimnya, anda melalui kotak surat (Shell). Kemudian surat yang berada di kotak surat tersebut akan dibawa dan nantinya akan diproses oleh Tukang Pos (Kernel) lalu dikirim ke alamat yang anda tuju (output yang dihasilkan dari Kernel).


Shell pada Linux atau Unix ada bermacam-macam jenisnya. Seperti :


  • sh (Bourne Shell)
  • bash (Bourne again shell)
  • korn, dan sebagainya.

Tiap-tiap jenis Shell memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Disesuaikan pada kebutuhan saja. Pada Linux, jenis Shell yang sering digunakan adalah Shell bash. Karena perintah-perintahnya powerfull dan juga digunakan oleh banyak orang sehingga dukungan untuk shell bash ini banyak tersedia dan shell bash ini selalu di-update. Untuk tutorial belajar shell bash, anda bisa berkunjung ke http://pemula.linux.or.id/programming/bash-shell.html.



Jadi intinya, Shell ini digunakan sebagai jembatan antara user dengan Kernel untuk mendapatkan hasil atau output yang anda inginkan.



Okeh, sekian artikel saya mengenai Pengertian Shell. Kalau ada kesalahan apapun itu, mohon maaf dan mohon diralat yah. Karena saya juga masih belajar. Hehehehe.... :D

2 komentar:

Danu Wira Nugraha mengatakan...

Mantap pak.
Tetap semangat untuk berkarya.

Dinkz23 mengatakan...

okay terima kasih mas!
:D