Pengertian Firewall

Pengertian Firewall. Halo juragans! Kali ini penulis akan membahas mengenai Pengertian Firewall. Mungkin kakak-kakak yang sudah berkecimpung di dunia jaringan komputer pasti tahu mengenai Pengertian Firewall. Tapi, buat kakak-kakak yang belum mengerti mengenai Pengertian Firewall, jangan khawatir karena kakak-kakak pasti akan mengerti :) . Okeh, tanpa basa-basi lagi, silahkan membaca mengenai Pengertian Firewall versi penulis!



Pengertian Firewall
gambar: Firewall 


Di dunia Jaringan Komputer kita tidak akan bisa terlepas mengenai jaringan Internet. Internet memiliki manfaat atau hal-hal yang bersifat positif. Tetapi, Internet juga dapat menimbulkan dampak negatif. Seperti pencurian data, penipuan secara online, dan yang terpenting adalah serangan virus. Untuk itu, terciptanya Firewall yang akan membantu untuk mengamankan antara Jaringan Private(LAN) dan Jaringan Public (WAN atau Internet).

Pengertian Firewall adalah software atau perangkat yang berfungsi sebagai pembatas atau pengatur lalu lintas antar jaringan. Jadi bisa dikatakan bahwa Firewall sebagai polisi lalu lintas/trafik data antar jaringan.

Masih bingung mengenai Pengetian Firewall? Jadi begini. Ibarat rumah, pasti perlu pengaman di sekitar rumahnya agar tidak ada orang jahat yang akan mencelakai rumah tersebut. Untuk itu, dibuatlah pagar pembatas agar pemilik rumah bisa membatasi area di rumah dan diluar rumah. Sehingga pemilik rumah dapat mengawasi serta mengatur siapa saja yang dapat memasuki rumahnya dan siapa saja yang tidak boleh masuk ke dalam rumahnya.

Demikian juga dengan Firewall. Sebuah jaringan komputer tentunya memerlukan pengamanan agar lalu-lintas antar jaringan komputer maupun Jaringan Private ke Internet aman. Firewall memiliki beragam fungsi untuk mengoptimalkan security atau keamanan di dalam jaringan yaitu dengan membatasi daerah jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya.


  • Fungsi Firewall
Fungsi atau manfaat dari Firewall yaitu sebagai berkut:
  1. Mengatur lalu intas/trafik data antar jaringan
  2. Dapat mengatur port atau paket data yang diperbolehkan atau ditolak.
  3. Autentikasi terhadap akses
  4. Memonitoring atau mencatat lalu lintas jaringan

  • Jenis Firewall
Firewall memiliki beberapa jenis yang biasa dipergunakan, yaitu Personal Firewall dan Network Firewall.

Pengertian Firewall
gambar: Personal Firewall pada Ubuntu


Personal Firewall merupakan Firewall yang terdapat pada sebuah komputer untuk dapat menolak suatu akses yang tidak dikehendaki. Contohnya pada sebuah PC yang terkoneksi ke dalam jaringan Internet telah terinstal Anti-Virus, atau paket-paket software Firewall untuk keamanan jaringan. Firewall dapat memblokir atau mengijinkan port mana saja yang bisa diakses oleh PC kita ataupun yang tidak boleh diakses. Jadi, intinya Personal Firewall merupakan utilitas Firewall untuk pribadi.


Pengertian Firewall
gambar: Network Firewall


Network Firewall merupakan Firewall yang berperan untuk melindungi seluruh komputer yang terkoneksi di dalam jaringannya. Umumnya Firewall ini terdapat pada Router di dalam jaringan ataupun Server yang terinstal software khusus seperti IPTables untuk GNU/Linux. Pada Router, seorang administrator dapat mengkonfigurasi Router-nya untuk melindungi jaringan di dalamnya. Firewall juga dapat menghalau paket data virus yang akan masuk ke dalam jaringan.


Jadi, intinya Pengertian Firewall merupakan software maupun perangkat yang berfungsi untuk pengatur lalu lintas data di dalam jaringan maupun pada PC itu sendiri yang terkoneksi ke dalam suatu jaringan.

Itu dia pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Firewall. Untuk lebih pembahasan lebih lengkap mengenai Firewall, kakak-kakak dapat berkunjung ke Pengertian Firewall dari Wikipedia. Terima kasih kepada kakak-kakak yang telah membaca artikel mengenai Pengertian Firewall ini :D !

0 komentar: